DESKRIPSI MATA KULIAH

Armaya Law- Mata Kuliah Hukum Islam (MKK 10), 2 SKS. Diampu oleh Dr. RM. Armaya Mangkunegaraa, S.H., M.H. Mata kuliah ini memiliki tujuan umum agar mahasiswa mampu Menjelaskan dan menguraikan konsep-konsep dasar hukum Islam dan kedudukannya dalam sistem hukum di Indonesia. Materi yang dipelajari antara lain tentang latar belakang, tujuan dan sifat keilmuan hukum Islam, ruang lingkup hukum Islam, asas-asas hukum Islam, sumber hukum Islam, kaidah hukum Islam, pembagian hukum Islam, sejarah perkembangan hukum Islam serta mengidentifikasi permasalahan-permasalahan hukum Islam secara teori dan praktik dengan menentukan model dan strategi penyelesaian permasalahan hukum Islam kontemporer di masyarakat.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Armaya Law- Mahasiswa mampu Menjelaskan dan menguraikan konsep-konsep dasar hukum Islam dan kedudukannya dalam sistem hukum di Indonesia, Mengidentifikasi permasalahan-permasalahan hukum Islam kontemporer secara teori dan praktik serta Menentukan model dan strategi penyelesaian permasalahan hukum Islam kontemporer di masyarakat.

TOPIK PEMBAHASAN

Armaya Law- Topik pembahasan mata kuliah Hukum Islam antara lain:

  1. Latar belakang dan sifat keilmuan hukum Islam;
  2. Tujuan Hukum Islam;
  3. Ruang Lingkup Hukum Islam;
  4. Asas-Asas Hukum Islam;
  5. Sumber-sumber Hukum Islam;
  6. Kaidah-kaidah Hukum Islam;
  7. Pembagian Hukum Islam;
  8. Sejarah perkembangan Hukum Islam;
  9. Perkembangan Hukum Islam secara teori dan praktik di Indonesia;
  10. Penyelesaian permasalahan Hukum Islam kontemporer di masyarakat.

STRATEGI PERKULIAHAN

Armaya Law- Strategi Perkuliahan  yang digunakan dalam pembelajaran Mata Kuliah Hukum Islam meliputi ceramah, diskusi (tanya-jawab), presentasi dan pengamatan perkembangan politik hukum aktual. Metode perkuliahan ini lebih banyak menggunakan metode cooperative learning, sehingga setiap mahasiswa diharapkan dapat menyampaikan gagasannya dalam pembahasan baik berupa pendapat pribadi maupun pendapat kelompok.

KRITERIA PENILAIAN

Armaya Law- Kriteria Penilaian dalam pembelajaran Mata Kuliah Hukum Perindustrian antara lain:

  1. Komponen yang dinilai dalam perkuliahan Hukum Perindustrian meliputi : tugas-tugas (baik individu maupun kelompok), quiz, UTS dan UAS serta memperhatikan tingkat keaktifan dan kehadiran mahasiswa dalam proses perkuliahan;

  2. Evaluasi tengah semester akan dilaksanakan pada pertemuan ke-8 sesuai Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Sedangkan Evaluasi Akhir Semester dilaksanakan pada pertemuan ke-16. Evaluasi dilaksanakan dengan metode esai dalam bentuk tertulis yang diberikan kepada mahasiswa dengan sifat terbuka (open book).

MATERI PERKULIAHAN

PRESENSI MAHASISWA KELAS 4-C

Armaya Law- Setiap Mahasiswa wajib mengisi presensi secara online sebagaimana form di bawah ini:

PRESENSI MAHASISWA KELAS 4-D

Armaya Law- Setiap Mahasiswa wajib mengisi presensi secara online sebagaimana form di bawah ini:

KETENTUAN KHUSUS

Armaya Law- Konten dalam halaman ini dikhususkan bagi Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sunan Bonang Tuban yang sedang menempuh perkuliahan Hukum Islam.

Terkini

Timeline Twitter

Fan Page

Social Network